Korelasi Antara Ibadah dan Akhlak

Kondisi agama-agama selain Islam di barat mengalami penurunan yang sangat drastis. Banyak gereja yang telah mengalami perubahan fungsi menjadi tempat-tempat umum. Jumlah penganut nashrani yang pergi ke gereja pada tahun 2030 diperkirakan hanya tinggal 6%.
Di sisi yang lain, agama Islam mengalami perkembangan yang sangat pesat. Semakin banyak para pemuda yang pergi ke masjid-masjid, ta’lim-ta’lim, dan berbagai kegiatan Islami lainnya. Hal ini tentu merupakan bukti nyata bahwa ajaran yang dibawa Islam sesuai dengan fitrah manusia yang hanif.
Islam adalah sebuah manhaj yang bukan hanya mencakup ibadah dalam arti sempit, tapi melainkan mencakup ibadah dalam arti luas yang mencakup seluruh sendi kehidupan.

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.” (QS. Adz-Dzaariyaat: 56)

Syari’at Islam menghendaki agar manusia memiliki akhlak yang baik sebagai buah dari ibadah yang dilakukannya. Hal ini sebagaimana salah satu kaidah dasar yang ada yang menyebutkan bahwa semakin baik tingkat ibadah yang dilakukan seseorang, maka semakin baik pula akhlak yang dimilikinya.
Namun demikian, realita yang terjadi di masyarakat kita, dimana tingkat ibadah dan kesadaran beragama yang cukup baik, ternyata bertentangan dengan kaidah tersebut. Pencurian, kebohongan, korupsi, kriminalitas, dan berbagai penyakit sosial lainnya sudah menjadi penyakit akut di masyarakat. Lalu yang jadi pertanyaan, apa yang salah?

Dalam nash-nash syari’at sendiri, banyak dikaitkan antara ibadah-ibadah maghdah yang diperintahkan dengan perintah untuk berakhlakul karimah.

“… Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan- perbuatan) keji dan mungkar …” (QS. Al-Ankabuut: 45)

“Hai orang-orang yang beriman, Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah: 153)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s